Thursday, January 26, 2012

Manfaat Guest Blogging dan Mengapa Kita Harus Memulainya Sekarang Juga

By Dendy Darin | Published: 25/01/2012

Pengalaman menjadi guest blogger baru saja saya alami di blog isnuansa.com, dan itu adalah sebuah pengalaman yang sangat menakjubkan. Hey, tulisan saya ada di blog lain! Hal apa lagi coba, yang lebih cool dari itu bagi seorang blogger? Yay!
Manfaat guest blogging
image courtesy: missiontolearn.com
Ya, saya tahu, guest blogging mungkin belum begitu membudaya di antara blogger-blogger Indonesia. Kalaupun ada, itu sangat sedikit sekali dan bisa dihitung dengan jari. Padahal ini adalah konsep win-win solution baik bagi pemilik blog maupun blogger tamunya.
Lain hal bila kita melihat apa yang dilakukan dan sangat dianjurkan oleh blogger-blogger dunia, seperti Leo Babauta, John Chow, Darren Rowse, Jon Morrow dan masih banyak lagi. Guest blogging bahkan sudah menjadi hal yang umum – bila tidak dikatakan ‘harus’ – bagi seorang blogger yang ingin eksistensinya lebih diakui.
Untuk lebih jelas, saya mengutip kata-kata dari buku 7 Langkah Mudah Mencari Uang Lewat Blog-nya Eko Nurhuda yang menulis tentang tokoh blogger Darren Rowse yang mengungkapkan tiga manfaat utama dari aktivitas guest blogging yang bagus bagi sebuah blog, yaitu:
Pertama, manfaat bagi blogger tamu karena memasuki pembaca (pasar) baru. Dengan menulis di blog lain, seorang blogger memilliki kesempatan untuk berkenalan dengan audensi baru yang selama ini belum mengenalnya. Selain itu, ia juga bisa dipastikan memperoleh backlink berkualitas.
Kedua, manfaat bagi blogger pengundang, selain karena telah terbantu dalam tugas rutinnya meng-update blog, hal itu juga dapat mempererat keakraban dengan blogger yang diundang.
Ketiga, manfaat bagi pembaca blog, yaitu dapat mengurangi kejenuhan, karena dengan hadirnya penulis tamu, pembaca akan mendapatkan gaya tulisan, karakter dan sudut pandang yang berbeda.
Hal senada juga disampaikan John Chow dalam ebook-nya yang berjudul Make Money Online with John Chow dot com dan NorthxEast dengan artikelnya yang berjudul Why Guest Blogging is a Powerful Way to Gain Expusore for Your Blog.
So, kira-kira mengapa blogger-blogger Indonesia begitu enggan untuk ber-guest blogging ria? Saya fikir, mungkin ketiga faktor besar berikut alasannya:
  • Terlalu khawatir bila tulisannya nanti tidak diterima
  • Tidak mengerti tata cara dan bagaimana memulainya
  • Dan terakhir, memang belum tahu manfaat-manfaatnya
Mari kita eksekusi faktor-faktor di atas beserta solusinya.
Bila alasannya adalah terlalu khawatir bila tulisannya nanti diterima, itu terlalu berlebihan. Dari pengalaman pribadi, sebelum saya mengirimkan sebuah tulisan, saya periksa dulu topik/niche-nya, apa sesuai dengan topik/niche di blog yang dituju? Jika sudah, periksa arsip-arsip blog tersebut apakah pernah menulis tema yang sama. Jika sudah pernah, jangan lantas berkecil hati, karena kita bisa saja menulis tema yang sama namun dari sudut pandang yang belum pernah diekspos sebelumnya.
Belum mengerti tata caranya? Mudah saja. Biasanya blog-blog yang menerima guest blogger memberikan halaman khusus yang berisi cara-cara untuk mengirimkan tulisan. Contoh, di blog DarinHolic ini yang menyediakan tab guest blogger. Kalau tidak ada dan sepertinya memang belum menjadi hal yang lumrah, hubungi narablognya lewat form kontak. Tidak ada juga, hubungi lewat social media sebangsa Twitter, Facebook atau Google Plus. Tanyakan saja apakah ada kesempatan bagi blogger lain untuk ikut menulis di blognya. Jika jawabannya no, ya sudah, cari blog yang lain.
Belum tahu manfaat-manfaatnya? Silahkan baca kembali tulisan ini dari awal.
Nah, melihat manfaat guest blogging yang begitu besar (saya sudah merasakannya lho :D ) dan tata caranya yang juga begitu sangat mudah, apa lagi yang kita tunggu? Mari cari blog-blog yang setopik dan mulailah guest blogging sekarang juga.
Happy guest blogging!

0 comments:

Post a Comment